Gempa – Tsunami Jepang Tak Pengaruhi Penempatan TKI

Untuk penempatan TKI perawat ke Jepang pada 2011, kata Haposan, diperkirakan akan melebihi 100 orang. Setelah tiga tahun berjalan penempatan TKI perawat ke Jepang (dari 2008 sampai 2010), pemerintah (dalam hal ini, BNP2TKI, red.) sudah menempatan 686 TKI – selengkapnya bisa lihat tabel penempatan TKI perawat ke Jepang -- yang tersebar hampir di semua provinsi dari 47 provinsi yang ada di Jepang

Jakarta, BNP2TKI (14/03) – Gempa bumi dahsyat berkekuatan 8,9 Skala Richter (SR) dan disertai tsunami yang menghantam timur laut Jepang, Jumat (11/03) lalu, belum sampai mengurungkan niat pemerintah Jepang terhadap permintaan tenaga kerja Indonesia (TKI) di bidang nurse (perawat kesehatan) dan careworker (perawat jompo). Pada 2011 ini, sekitar 100 TKI perawat akan ditempatkan di Jepang.

Demikian disampaikan Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Dr Ir Haposan Saragih MAgr, kepada wartawan Metro TV di Jakarta, Senin (14/03) siang.

“Sampai saat ini (pasca gempa bumi dahsyat dan tsunami di Jepang, Jumat, 11/03 – red.) belum ada pemberitahuan dari Pemerintah Jepang untuk mengurungkan penempatan TKI nurse dan careworker,” kata Haposan.

Bahkan, mulai Selasa (21/03) sampai Selasa (21/06) mendatang, kata Haposan, ada 88 orang hasil matching (tes) pada 2010 lalu – yaitu 37 calon TKI nurse dan 51 careworker — akan menjalani pelatihan untuk selanjutnya ditempatkan di Jepang.

Menurut Haposan, penempatan TKI perawat di Jepang ini sesuai dengan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jepang (Government to Government/G to G) yang dilakukan sejak 2008 sampai sekarang.

“Penempatan TKI perawat ke ini belum terpengaruh adanya gempa bumi yang diikuti tsunami pada Jumat (11/03) di Miyagi, Jepang,” tegas Haposan.

Untuk penempatan TKI perawat ke Jepang pada 2011, kata Haposan, diperkirakan akan melebihi 100 orang. Setelah tiga tahun berjalan penempatan TKI perawat ke Jepang (dari 2008 sampai 2010), pemerintah (dalam hal ini, BNP2TKI, red.) sudah menempatan 686 TKI – selengkapnya bisa lihat tabel penempatan TKI perawat ke Jepang — yang tersebar hampir di semua provinsi dari 47 provinsi yang ada di Jepang

 

One response to “Gempa – Tsunami Jepang Tak Pengaruhi Penempatan TKI

  1. Semoga Jepang dapat recovery kembali dan WNI pun masih bisa menggapai asa di negeri Sakura itu…

    Lihat video Tsunami Jepang di sini —> http://nidafadlan.wordpress.com/2011/03/11/video-tsunami-jepang-11-03-2011/

    Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s