PELUANG KERJA KE THAILAND

LOWONGAN KERJA KE THAILAND

“Sementara itu, melalui pendekatan yang telah dilakukan oleh Konsulat RI, pihak SBPAC menjamin bahwa proses perwujudan kerjasama tenaga kerja ini akan dapat berjalan dengan baik,” kata Heru. Pihak KJRI, jelas Heru, akan terus memantau dan memonitor tindak lanjut hasil penjajakan yang dilakukan delegasi BNP2TKI tersebut. "Untuk realisasi kerjasama, kedua belah pihak (Indonesia - Thailand, red.) sependapat perlu dibuatnya suatu nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) skema G to G sebagai payungnya," tegas Heru.

Songkhla Buka Peluang TKI Skema G to G

Yogyakarta, BNP2TKI (20/10) – Pemerintah Thailand Selatan, khususnya di kawasan Provinsi Songkhla membuka peluang yang selebar-lebarnya bagi masuknya tenaga kerja Indonesia (TKI) ke daerah tersebut.

Adanya kemiripan budaya, disamping pemakaian bahasa Melayu, serta keterikatan leluhur dengan Kerajaan Ngayugjokarto, Yogyakarta, dan Kerajaan Sriwijaya, Palembang, diharapkan memberi daya tarik tersendiri bagi TKI untuk bekerja di sana.

Hal itu diungkapkan Konsul RI di Songkhla, Thailand, Heru Wicaksono, kepada kepala BP3TKI se-Indonesia dan perwakilan instansi lain terkait yang mengikuti Rapat Koordinasi Bidang Ketenagakerjaan dengan Perwakilan RI Kawasan Asia Pasifik (Aspak) dan Amerika, di Hotel Jayakarta, Yogyakarta, Selasa (20/10).

 

Dijelaskan Heru, untuk mempercepat pembangunan di kawasan Thailand Selatan – khususnya di lima wilayah Provinsi Songkhla, Satun, Yala, Pattani, dan Narathiwat – sejak 2006 lalu Pemerintah Kerajaan Thailand telah membentuk Southem Border Provinces Administration Center (SBPAC) – suatu badan yang bertanggungjawab dalam pembangunan ekonomi, sosial, dan budaya di lima wilayah tersebut.

Selang empat tahun kemudian, tepatnya pada 30 April 2010 lalu, SBPAC bersama Songkhla Provincial Employment Office (SPEO) datang ke Konsulat RI untuk melakukan penjajakan kemungkinan adanya pemenuhan TKI di sejumlah perusahaan di kawasan Thailand Selatan itu.

Heru menambahkan, di Sembilan wilayah Provinsi Songkhla itu saat ini terdapat 3.150 jenis pekerjaan (350 di antaranya jenis pekerjaan pria) yang membutuhkan 3.500 tenaga kerja. Sementara di daerah Pattani membutuhkan 252 pekerja, dan di Satun sebanyak 450 pekerja. Sehingga, total pekerja yang dibutuhkan sebanyak 4.202 orang.

Skema Kerjasama G to G

Guna menagkap kebutuhan tenaga kerja yang diutarakan SBPAC dan SPEO itu, kata Heru, pada 21-24 Juli 2010 lalu, delegasi BNP2TKI melakukan kunjungan kerja ke kawasan Thailand Selatan.

SBPAC selaku focall point dalam pengadaan tenaga kerja asing di Thailand, sebut Heru, telah memberikan kesempatan kepada delegasi BNP2TKI untuk melakukan kunjungan ke sejumlah perusahaan, seperti pabrik makanan olahan, frazen food, perkebunan karet, dan parawood.

Menurut Heru, Pemerintah Kerajaan Thailand tidak memiliki skema kerjasama Government to Private (G to P), yang dimiliki adalah kerjasama Government to Government (G to G).

“Jaminan sosial merupakan keharusan yang diberikan kepada para tenaga kerja asing yang bekerja di Thailand, dan hal ini dijamin oleh Undang Undang,” ungkap Heru.

Dijelaskan Heru, pihak Indonesia dan Thailand telah sepakat untuk menindak lanjuti hasil penjajakan (yang dilakukan BNP2TKI, red.) tersebut, serta melakukan evaluasi melalui suatu working group untuk membahas permasalahan yang lebih teknis.

“Sementara itu, melalui pendekatan yang telah dilakukan oleh Konsulat RI, pihak SBPAC menjamin bahwa proses perwujudan kerjasama tenaga kerja ini akan dapat berjalan dengan baik,” kata Heru.

Pihak KJRI, jelas Heru, akan terus memantau dan memonitor tindak lanjut hasil penjajakan yang dilakukan delegasi BNP2TKI tersebut. “Untuk realisasi kerjasama, kedua belah pihak (Indonesia – Thailand, red.) sependapat perlu dibuatnya suatu nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) skema G to G sebagai payungnya,” tegas Heru.

One response to “PELUANG KERJA KE THAILAND

  1. kerjasama Government to Government (G to G).,yang diselanggarakan antara indonesia-Thailand selatan tersebut dalam bidang apa saja???…
    atau lebih sfesifik lowongan kerja nya dongggggg…..
    msl bgian apa tuh…???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s