PENJAJAKAN KESEMPATAN KERJA KE SELANDIA BARU

SELANDIA BARU

KESEMPATAN KERJA KE SELANDIA BARU

Jumhur Pimpin Delegasi, BNP2TKI Bidik Pasar Kerja Selandia Baru

Jakarta, BNP2TKI (23/7) – Selandia Baru, sejak 5 (lima) tahun terakhir merupakan kawasan di Asia Pasifik yang menjadi tujuan penempatan TKI. Meski selama ini TKI yang bekerja terbatas sebagai pekerja musiman (seasonal workers), sesungguhnya pasar kerja di luar sector pertanian ini sangat luas.

Guna memperluas pasar kerja di Selandia Baru itu, Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh. Jumhur Hidayat bersama lima pejabat eselon 1 dan 2 BNP2TKI, melakukan kunjungan ke Negara Kiwi itu, 24 – 29 Juli ini.

Selain Jumhur Hidayat, anggota delegasi BNP2TI ke Selandia Baru adalah Deputy Penempata Ade Adam Noch, Direktur Promosi Endang Sulistyoningsih, dan Direktur Penyiapan Pemberangkatan Pemerintah Arifin Purba.

“Melalui Kunjungan Kerja ke Selandia Baru ini, BNP2TKI akan memperluas pasar kerja di sector hospitality dan Industri Kesehatan,” ungkap Direktur Promosi BNP2TK, DR Endang Sulistyaningsih, di Jakarta, Jum’at (23/7).

Dalam kunjungan kerja selama hampir sepekan itu, Kepala BNP2TKI dan rombongan rencananya selain akan bertemu Pejabat KBRI Selandia Baru, juga akan mengadakan pertemuan dengan pejabat-pejabat pemerintahan setempat bidang Perburuhan (labour), Imigrasi, Kemeterian Pertanian, Perhutanan, Kementrian Kesehatan, Asosiasi Perawat, Asosiasi Hospitality, Pengusaha Perkebunan (Federated Farmer), Pelaksana Pelatihan, serta kunjungan ke lokasi TKI yang bekerja di kebun anggur (Vine Yard) di kota Benheim.

Menurut Endang, kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk menjajaki kemungkinan kerjasama penempatan TKI ke Selandia Baru untuk sector pertanian (bidang peternakan dan budidaya/industry pertanian), hospitality, dan kesehatan.

Selain itu, Kepala BNP2TKI Moh. Jumhur Hidayat juga akan memonitor dan mengevaluasi berkaitan dengan penempatan TKI yang sudah ada di negera tersebut.

Pertemuan dan kunjungan lapangan kepada calon pengguna TKI, lanjut Endang, untuk menjajaki minat mereka mempekerjakan TKI seperti di peternakan domba, perkebunan strawberry, dan industry pengemasan, sector hospitality dan kesehatan.

“Kami siap jika ada pengguna TKI di Selandia Baru mau kerjasama, kami sudah menyiapkan MoU-nya,” papar Endang yang gemar berenang ini.

Endang mengharapkan, keluaran dari pertemuan ini adanya Potential Employers yang berminat mempekerjakan TKI professional. Kedua, kesepakatan prinsip tentang penempatan TKI, dan ketiga tentang persyaratan TKI.

Penempatan G to P

Terkait skema kerjasama dengan pengguna TKI Profesional di Selandia Baru, Endang menuturkan pola kerjasama yang akan diterapkan yatiu penempatanTKI Government to Private (G to P).

Alasannya, dengan model G to P, diharapkan Calon TKI akan memiliki kemudahan utamanya dari segi pembiayaan keberangkatan mereka ke Selandia Baru.

Selain Selandia Baru, Endang menambahkan skema G to P juga sedang dijajaki kerjasama dengan pemerintah Provinsi Songhla di Thailand, dan dengan Pemerintah Kinibalu di Malaysia.

Hingga kini, pekerja asal Filipina mendominasi pekerjaan di sector pertanian, peternakan, hosipitality dan kesehatan. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang relative lebih bagus, wajar jika potensi pasar kerja dikuasai mereka.

Ketika ditanya soal hambatan bahasa Inggris, Endang mengatakan pihaknya akan meminta kementerian Perburuan Selandia Baru untuk menerapkan pemakaian bahasa secara berkelompok, seperti yang pernah dilakukan dengan tenaga kerja asal Cina.

“Jadi cukup 1 orang berbahasa Inggris aktif memimpin kelompoknya yang berbahas Inggris pasif. Kami berharap ada kemudahan dalam persyaratan bahasa Inggris bagi TKI kita,” pinta Endang.

2 responses to “PENJAJAKAN KESEMPATAN KERJA KE SELANDIA BARU

  1. mau tanya?apakah tki sudah ad yg d pekerjakan.gimana persyaratannya dan kapan pendaftaran d mulai,,

    • Terimakasih atas perhatianya kepada kami.
      Mengenai kerja ke Selandia baru, baik mengenai persyaratan maupun bidang kerja yang dibuka silahkan saudara bisa menghubungi kantor Disnaker atau BP3TKI setempat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s