TKI DI KOREA MENCAPAI 27.000

tki tulang punggung korea

Menurut Presiden Human Resources Development Services of Korea (HRD Korea), Yu Jae Sub, kesuksesan TKI yang bekerja di Korea ini tidak lepas dari peran yang dilakukan BNP2TKI dalam menangani Pendaftaran dan Pelaksanaan Penempatan Calon TKI ke Korea dengan sistem Employment Permit System (EPS). Dalam sistem EPS ini juga dikenalkan budaya Korea. Selain itu, juga akan dilakukan test Bahasa Korea (Korean Language Test/KLT) sebelum mereka berangkat menjadi TKI di Korea.

Yu Jae Sub: TKI Tulang Punggung Naker Korea

Jakarta, BNP2TKI, Kamis (25/02) – Presiden Human Resources Development Services of Korea (HRD Korea), Yu Jae Sub, memuji para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di negerinya. Mereka (para TKI, red.) merupakan pengganti sekaligus tulang punggung tenaga kerja (Naker) Korea yang kosong.

“Para TKI yang bekerja di Korea dikenal rajin, ulet dan jujur. Dan kebanyakan mereka mengisi kekosongan tenaga kerja Korea yang berada di sektor perokonomian menengah kecil,” kata Yu Jae Sub didampingi Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) saat mengunjungi Gedung HRD Korea di Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (25/2) siang.

Yu Jae Sub menjelaskan, selama tiga tahun terakhir jumlah TKI yang bekerja di negerinya sudah mencapai sekitar 27.000 orang dari sekitar 80.000 orang tenaga asing — dari 16 negera di dunia — yang bekerja di Korea. Jumlah tersebut, sudah termasuk mereka yang tercatat pada tahun 2008 sebanyak 12.700 orang dan pada tahun 2009 sebanyak 3.400 orang.

“Untuk tahun 2010 belum ditentukan kuotanya. Tetapi, akan diupayakan ada peningkatan sekitar dua kali lipat dari tahun 2009, atau sekitar 6.000 sampai 8.000 orang,” ungkapnya.

Di samping itu, Yu Jae Sub juga menyinggung soal perlindungan terhadap TKI yang bekerja di Korea. Semua TKI yang bekerja di Korea disuransikan pada PT Samsung. “Untuk TKI yang bekerja di Korea semuanya diasuransikan. Dan asuransi TKI yang ditangani PT Samsung selama ini tidak ada masalah,” katanya.

Menurut Yu Jae Sub, kesuksesan TKI yang bekerja di Korea ini tidak lepas dari peran yang dilakukan BNP2TKI dalam menangani Pendaftaran dan Pelaksanaan Penempatan Calon TKI ke Korea dengan sistem Employment Permit System (EPS).

Dalam sistem EPS ini juga dikenalkan budaya Korea. Selain itu, juga akan dilakukan test Bahasa Korea (Korean Language Test/KLT) sebelum mereka berangkat menjadi TKI di Korea.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s