PEMBAHASAN WAKTU TES EPS KLT 2010

info kerja korea

Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Haposan Saragih mengungkapkan, untuk realisasi penempatan TKI ke Korea pada 2010 itu, delegasi HRD Korea yang dipimpin Presidennya Yu Jae Sub akan bertemu dengan Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat, Kamis (25/2) mendatang... Selain penambahan kuota, Hapaosan meminta HRD Korea bisa menempatkan TKI berkualifikasi semi skill hingga high skill dengan penempatan langsung oleh Korea. Dengan demikian jdiharapkan umlah kouta yang disediakan pemerintah Korea akan bisa diserap seluruhnya oleh tenaga kerja Indonesia.

Korea Kembali Buka Peluang Kerja melalui Jalur G to G

Jakarta, BNP2TKI (23/2)- Dalam rangka meningkatkan penempatan tenaga kerja Indonesia melalui jalur kerjasama antar pemerintah (G to G), pemerintah Korea melalui Human Resources Development Services of Korea (HRD Korea), berencana akan membuka kembali peluang kerja ke negara tersebut.

Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Haposan Saragih mengungkapkan, untuk realisasi penempatan TKI ke Korea pada 2010 itu, delegasi HRD Korea yang dipimpin Presidennya Yu Jae Sub akan bertemu dengan Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat, Kamis (25/2) mendatang.

“Pertemuan ini untuk membahas peluang penempatan TKI ke Korea pada 2010, termasuk jumlah kuota, sektor-sektor lapangan kerja yang terbuka untuk TKI, dan peluang TKI untuk mengisi sektor pekerjaan high skill (kategori trampil/ahli),” kata Haposan.

Dia menjelaskan, penempatan TKI melalui program G to G yang dilakukan BNP2TKI ke Korea setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. “Pada 2008 melalui program G to G, BNP2TKI telah mengirim sebanyak 11.000 TKI ke Korea. Pada 2009 telah mengirim 1.900 TKI ke Korea. Sedangkan untuk 2010 ini kita akan bahas tanggal 25 besok,” jelas Hapaosan di ruangan kerjanya, Senin (22/2).

Haposan berharap, pembicaraan Kepala BNP2TKI dengan delegasi HRD Korea akan menghasilkan penambahan kuota penempatan TKI ke Korea yang dilaksanakan melalui program G to G, mengingat saat ini peminat TKI yang ingin bekerja di Korea jumlahnya sangat banyak.

“Dalam pertemuan ini juga akan membahas Pendaftaran dan Pelaksanaan Penempatan Calon TKI ke Korea (Employment Permit System/ EPS). Kita akan meminta test Bahasa Korea (Korean Language Test/ KLT)) bisa dilangsungkan dengan sesegera mungkin,” paparnya.

Menurut Haposan, saat ini Korea telah menyediakan 5 sektor lapangan kerja untuk Tenaga Kerja Indonesia, yaitu sektor manufaktur, konstruksi, perikanan, pertanian dan jasa.

“Dari ke lima sektor ini khusus untuk sektor jasa belum terealisasi. Sedangkan untuk sektor manufaktur, kontruksi, perikanan dan pertanian sudah bisa direalisasikan. Kita akan minta agar sektor jasa bisa direalisasikan HRD Korea,” katanya.

Selain penambahan kuota, Hapaosan meminta HRD Korea bisa menempatkan TKI berkualifikasi semi skill hingga high skill dengan penempatan langsung oleh Korea. Dengan demikian jdiharapkan umlah kouta yang disediakan pemerintah Korea akan bisa diserap seluruhnya oleh tenaga kerja Indonesia.

17 responses to “PEMBAHASAN WAKTU TES EPS KLT 2010

  1. maaf ujianya msh lama?
    tanggal berapa?
    maaf saya sdah tidak sabar

    • Terimakasih atas perhatianya kepada kami.
      Sampai saat ini memang belum ada informasi resmi mengenai waktu pelaksanaan tes eps klt,.akan kami informasikan juka nanti sudah ada pengumuman resmi mengenai waktu tes eps klt 2010.

  2. trima ksh smg saja tidak lama
    keburu dikejar umur

  3. Kami Sangat Berharap, Bnp2tki bisa menjembatani kami sebagai CTKI, dengan tanpa ada permainan yang bisa merugikan kami sebagai CTKI

    • Terimakasih atas perhatianya kepada Teladan Course.
      Program G To G adalah program yang diharapkan dapat menjembatani CTKI untuk bekerja ke korea, dengan mengikuti prosedural resmi yang ada Insya Alloh dapat menjadikan jalan kesuksesan kita. Tetap semangat dan berusaha!!

  4. mhon maaf tetapi ujianya tetep bulan mei?
    atau malah mau mundur?

  5. Kapan Program G to G ke KOREA ( UJIAN KLT ) di adakan ??
    Saya ingin jawaban yang pasti untuk tes ini.
    Apa ada tes atau tidak untuk tahun ini/2010???

    • Terimakasih atas perhatianya kepada Teladan Course.
      Mengenai waktu pelaksanaan tes EPS KLT memang kita tidak bisa memastikan, karena itu adalah wewenang dari HRD Korea dan BNP2TKI selaku dinas pelaksana Program G To G korea. Untuk informasi resmi silahkan saudara bisa buka di web site bnp2tki di alamat : http://www.bnp2tki.go.id

  6. Kepastian diadakan tes KLT untuk program G to G ke KOREA kapan???Apakah bersamaan dengan tes KLPT untuk calon mahasiswa ke KOREA??

    Saya minta kepastiannya tentang tes KLT tersebut!!!
    Tolong kirimkan tanggal,bulan,dan tahun tes KLT tersebut ke e-mail saya!!

    • Terimakasih atas perhatianya kepada kami. Mengenai waktu pelaksanaan tes EPS KLT sampai saat ini belum keluar untuk waktu pelaksanaanya. Tes EPS KLT dilaksanakan terpisah/tidak bersamaan dengan tes KLPT untuk umum. Akan kami infokan kesaudara jika sudah keluar jadwal resminya.

  7. untk tahun 2010 test klpt pasti ada ngk ya

  8. Jika tes sudah ada mohon untuk info nya jauh2 hari sebelum hari h nya,,biar kami bisa mempersiapkan segala sesuatunya..terimakasih

  9. apakah ada ujian eps klt di bagian indonesia timur?

    • Terimakasih atas perhatianya kepada kami.
      Dibawah ini adalah tempat yang akan di gunakan untuk pendaftaran dan npelaksanaan tes EPS TOPIK 2010.
      1. Universitas Pancasila (Jakarta),
      2. Universitas Pendidikan Indonesia (Bandung),
      3. Universitas Negeri Sebelas Maret (Surakarta),
      4. Universitas Islam Malang (Unisma),
      5. Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar,
      6. Universitas Mataram (Unram) Nusa Tenggara Barat.

  10. terus kapan kepastinnya soalnya udah nunggu lama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s