INFORMASI KERJA KE JEPANG

BADAN NASIONAL
PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA
DEPUTI BIDANG PENEMPATAN

Gedung BNP2TKI, Jl MT Haryono Kav 52 Jakarta Selatan
PO BOX 4451 JKTM 12700, Email: g2g@bnp2tki.go.id

Pengumuman
Nomor: PENG 076/PEN-PPP/II/2010

Aptitude Test dan Interview, Tugas Nurse dan Careworker
Tahun 2010

Bersama ini diberitahukan kepada calon Nurse dan Careworker hal-hal yang berkaitan dengan Seleksi dan tugas-tugas Nurse dan Careworker sebagai berikut:

1. Aptitude Test dan Interview
a. Calon Nurse (Kangoshi) yang lulus administrasi harus mengikuti Uji Kompetensi Perawat yang diselenggarakan oleh Puspronakes LN dengan biaya sebesar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah), bagi yang tidak lulus dinyatakan gugur.
b. Calon Nurse (Kangoshi) yang lulus uji kompetensi dan calon Careworker (Kaigofukushishi) yang lulus administrasi, diharuskan mengikuti test psikologi dengan biaya sebesar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) yang nantinya dibayarkan kepada lembaga pelaksana test Psikologi yang ditetapkan, dengan jadwal akan diumumkan kemudian.
c Calon Nurse dan calon Careworker yang lulus test Psikologi selanjutnya mengikuti Aptitude Test dan Interview yang diselenggarakan oleh JICWELS Jepang, di Jakarta, sedangkan calon nurse dan careworker yang tidak lulus test Psikologi dinyatakan gugur.
d Pelaksanaan Aptitude test dan Interview dilakukan sebagai berikut:
1) Aptitude Test dilakukan secara tertulis.
2) Interview dengan JICWELS meliputi wawancara dan tanya jawab secara langsung dan Japanese Quiz. Pada saat proses interview akan dilaksanakan pengambilan rekaman melalui video, kemudian dilanjutkan pendataan calon Nurse dan Careworker dengan mengisi formulir langsung di komputer yang telah disediakan.
3) Interview dengan calon pengguna (rumah sakit bagi nurse atau panti jompo bagi careworker) meliputi informasi profil calon pengguna dan wawancara serta tanya jawab secara langsung.
e Selanjutnya calon nurse dan careworker mengirimkan pilihan rumah sakit atau panti jompo melalui website JICWELS, http://www.jicwels.jp atau ke website BNP2TKI, http://www.bnp2tki.go.id dengan menggunakan password yang nantinya akan diberikan setelah Interview selesai, bilamana matching dan calon setuju, maka calon harus menyampaikan pernyataan setuju “Agree”, bilamana calon tidak setuju maka calon menyampaikan pernyataan tidak setuju “Disagree”, dalam hal ini calon diberikan kesempatan Matching 3 (tiga) kali.
f Bagi yang Matching dan Setuju atau “Agree” diharuskan melakukan Medical Check Up Ulang di Lembaga Pemeriksaan Kesehatan yang telah ditetapkan, dengan biaya dibayar terlebih dahulu oleh calon dan nantinya akan diganti oleh Pihak Jepang bilamana hasil MCU adalah “FIT” dan berangkat ke Jepang. Sedangkan bagi calon yang FIT tetapi tidak berangkat atau UNFIT tidak akan diganti oleh Pihak Jepang.
g Selanjutnya calon yang Agree dan FIT, diharuskan menandatangani Perjanjian Penempatan antara BNP2TKI dan calon. Kemudian calon diharuskan membayar biaya Asuransi sebesar Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah) dan membayar biaya Pre Departure Orientation (PDO) sebesar Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah).
h Calon membuat Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) sebagai persyaratan mengikuti PDO, Penandatangan Perjanjian Kerja dan pelatihan bahasa Jepang.
i Calon diharuskan mengikuti Pelatihan Bahasa Jepang selama 6 (enam) bulan, kecuali bagi calon yang sudah memiliki sertifikat kemampuan bahasa Jepang level 1 atau level 2 (kyu 1 atau kyu 2) sesuai dengan ketentuan Pemerintah Jepang dibebaskan mengikuti pelatihan bahasa Jepang dan dapat langsung bekerja ke Jepang.
2 Tugas Nurse dan Careworker
a) Tugas-tugas dan informasi terkait bagi calon-calon perawat dan perawat orang jompo yang bersertifikat
1) Calon-calon perawat dan perawat orang jompo yang bersertifikat akan diterima setelah menjalin kontrak kerja dengan rumah-rumah sakit dan panti-panti jompo di Jepang, lulus pemeriksaan kesehatan dan mendapat visa.
2) Calon-calon akan mengikuti kursus pelatihan bahasa Jepang. Pada prinsipnya, kursus ini akan berlangsung dari pagi sampai sore, dari hari Senin sampai Sabtu termasuk hari-hari libur Indonesia.
3) Setelah menyelesaikan kursus pelatihan bahasa Jepang, calon-calon akan bekerja di rumah-rumah sakit dan panti-panti jompo. Hari dan jam kerja akan ditetapkan oleh rumah-rumah sakit dan panti-panti jompo. Ada kemungkinan para calon-calon harus bekerja pada hari Sabtu, Minggu dan hari-hari libur Jepang maupun Indonesia.
4) Calon-calon perawat harus pulang ke negerinya kecuali mereka lulus ujian nasional untuk menjadi seorang perawat yang memiliki kualifikasi dalam jangka waktu maksimum tiga tahun. Calon-calon dapat mengikuti ujian maksimum tiga kali dalam situasi normal, apabila mereka tinggal di Jepang untuk jangka waktu yang dimungkinkan di bawah IJEPA.
Calon-calon untuk perawat jompo bersertifikat akan pulang ke negerinya kecuali mereka lulus ujian nasional untuk menjadi seorang perawat orang jompo yang memiliki kualifikasi dalam jangka waktu maksimum empat tahun. Calon-calon dapat mengikuti ujian satu kali selama mereka tinggal di bawah IJEPA.
5) Kualifikasi sebagai perawat dan perawat orang jompo bersertifikat di bawah undang-undang dan peraturan-peraturan Jepang berlaku di Jepang. (Ini bukan suatu izin internasional).
6) Tugas-tugas calon-calon perawat dan perawat orang jompo bersertifikat terlampir. Sebagai tambahan, setiap calon harus merujuk dengan teliti kepada rincian pekerjaan yang ditawarkan oleh rumah-rumah sakit dan panti-panti jompo.
7) Di Jepang, pihak majikan memotong iuran asuransi sosial, iuran asuransi buruh, pajak dan iuran-iuran lain yang perlu dari gaji pokok yang dibayarkan kepada pihak pegawai. Karena itu, jumlah bersih yang dibayarkan kepada para calon akan lebih rendah dari gaji pokok yang dijelaskan oleh rumah-rumah sakit dan panti-panti jompo
8) Bahkan sebelum gaji dibayarkan, para calon perlu mempersiapkan pendanaan untuk biaya-biaya hidup dari hari pertama kerja, termasuk pendanaan untuk membeli furnitur dan barang-barang rumah tangga, serta pembayaran awal yang diperlukan untuk mendapatkan akomodasi (jaminan dan iuran honorarium).
b) Tugas-tugas untuk calon-calon dari Indonesia untuk “Kangoshi” dan “Kaigofukushishi” di tempat penerimaan
1) Calon-calon dari Indonesia untuk “Kangoshi”
Kegiatan-kegiatan calon-calon perawat dari Indonesia di bawah undang-undang dan peraturan-peraturan Jepang (“Kangoshi”) di tempat penerimaan adalah mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang perlu melalui pelatihan sambil bekerja di bawah pengawasan seorang “Kangoshi” di rumah-rumah sakit.
Calon-calon perawat akan dilatih sambil bekerja dibawah instruksi dan/atau pengawasan seorang “Kangoshi”. Pelatihan tersebut mencakup:
a) mempelajari proses perawatan umum dan program perawatan di rumah-rumah sakit Jepang,
b) ketrampilan komunikasi dengan para pasien, keluarga mereka dan rekan-rekan kerja (termasuk para dokter) di rumah- rumah sakit Jepang, dan
c) undang-undang dan peraturan-peraturan umum Jepang yang berkaitan dengan para perawat.
Selama pelatihan sambil bekerja, calon-calon perawat bisa melakukan tugas-tugas berikut:
(1) Bantuan di lingkungan pasien
(2) Bantuan di lingkungan pasien
(3) Bantuan sesuai dengan kondisi pasien
(4) Bantuan dengan makanan
(5) Lain-lain, yaitu:
(a) Pemindahan dan/atau pengangkutan pasien
(b) Pengangkutan contoh, hasil uji laboratorium, berbagai formulir pemesanan, dsb.
(d) Penerimaan obat
(e) Membersihkan dan mengatur dan merapikan bangsal rumah sakit dan/atau perlengkapan medis, alat-alat medis, dan barang-barang higienis
(f) Membagikan dan mengumpulkan baki makan
(g) Tugas-tugas lain
2) Calon-calon dari Indonesia untuk “Kaigofukushishi”
Kegiatan-kegiatan calon-calon perawat dari Indonesia di bawah undang-undang dan peraturan-peraturan Jepang (“Kaigofukushishi”) di tempat penerimaan adalah mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang perlu melalui pelatihan sambil bekerja di bawah pengawasan seorang “Kaigofukushishi” di rumah-rumah jompo.

Kemungkinan tugas-tugas calon-calon untuk “Kaigofukushishi” dari Indonesia di bawah pengawasan seorang “Kaigofukushishi” di rumah-rumah jompo adalah sebagai berikut:

(a) observasi, penataan arsip, pelaporan
(b) membangun komunikasi dan hubungan kepercayaan
(c) mengembangkan proses perawatan
(d) menyesuaikan lingkungan kemanusiaan, fisik, sosial dan ekonomi
(e) menyediakan dukungan bagi kehidupan sehari-hari (bantuan untuk memandikan, pergi ke kamar mandi, makan, dsb)
(f) membantu memelihara dan mengembangkan hubungan sosial (mendukung kegiatan-kegiatan rehabilitasi dan rekreasi)
(g) membantu untuk menyadari suatu kehidupan yang sehat dan menangani krisis (tanggap terhadap keadaan-keadaan darurat)
(h) menyediakan konsultasi-konsultasi yang mendukung (penggunaan sumber daya sosial)
(i) memberikan bimbingan tentang metode-metode perawatan
(j) hubungan dan koordinasi (penggunaan para professional yang berhubungan dengan perawatan dan sumber daya social), dsb.

Demikian untuk diketahui. Atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Jakarta, 5 Februari 2010

Direktur
Pelayanan Penempatan Pemerintah

ttd

DR Ir Haposan Saragih MAgr
NIP: 19610303 198603 1 002

Tembusan Kepada Yth:

1. Deputi Bidang Penempatan (sebagai laporan);
2. Kepala Puspronakes-LN, Kemenkes.

Lihat:

1) Pendaftaran Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Nurse (kangoshi) dan Careworker (Kaigofukushishi) ke Jepang Program G to G Tahun 2010
a) Prosedur Penempatan TKI Nurse (Kangoshi) dan Careworker (Kaigofukushishi) ke Jepang Program G to G Tahun 2010
b) Formulir 5 untuk pendaftar calon Kangoshi dan Formulir 6 untuk pendaftar calon Kaigofukushishi yang diisi dengan jelas dan lengkap serta melampirkan persyaratan yang telah ditentukan.
c) Aptitude Test dan Interview, Tugas Nurse dan Careworker Tahun 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s