PELUANG KERJA KE AMERIKA, AUSTRALIA, NEW ZEALAND DAN KANADA

lowongan kerja ke australia, new zealand, kanada dan amerika

lowongan kerja ke australia, new zealand, kanada dan amerika

Empat Juta Peluang Kerja Untuk Perawat Di Luar Negeri

Bandung. BNP2TKI (29/9) – Tingginya permintaan dunia akan tenaga kerja profesional sektor kesehatan dari Indonesia harus disikapi serius, baik oleh pemerintah maupun oleh para lembaga penyedia pendidikan dan instansi terkait lainnya.

“Dunia meminta 4.035.484 orang perawat Indonesia dari pelbagai kualifikasi untuk kebutuhan hingga 2015 mendatang,” ujar Direktur Promosi Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Dr Endang Sulistyaningsih, ketika memberikan materi pada Rapat Koordinasi Potensi Tenaga Kerja Sektor Kesehatan BNP2TKI, di Hotel Arjuna, Bandung, Rabu (29/9)

Menurut Endang, dari total permintaan 4 juta lebih perawat itu, berasal dari Kawasan Asia Pasifik 225.484 orang, Australia dan New Zealand 210.000 orang, Amerika dan Kanada 1.600.000 orang, Timur Tengah 400.000 orang, Eropa 600.000 orang, dan ASPASAF (Asia Pasifik dan Afrika) 1.000.000 orang.

Dia menjelaskan, sebelum ini, sejak tahun 2008, BNP2TKI telah menempatkan perawat dan pendamping lanjut usia (caregiver) ke negara Jepang. Program penempatan dengan skema Government to Government (G to G) itu telah berhasil menempatkan hampir 700 orang perawat dari permintaan 1.000 perawat.

Soal skema penempatan, kata Endang, pemerintah juga mendorong penempatan perawat G to P (Pemerintah kepada Swasta).

Sementara itu Staf Khusus Dirjen Dikti Bidang Kedokteran dan Kesehatan Kemendiknas Dr dr Arsitawati P Rahardjo mengingatkan pengalaman Filipina yang terlalu gencar menempatkan perawat ke luar negeranya, namun di dalam negerinya malah kekurangan perawat.

“Banyak perawat Indonesia yang baru lulus kini bekerja di Filipina. Dan setelah memiliki pengalaman mereka di kirim ke negara maju,” ujarnya.

Arsitawati menambahkan, pihaknya juga sedang mengembangkan system online terkait penyiapan SDM Tenaga Kesehatan yang akan di link (dihubungkan) dengan BNP2TKI. Tujuannya agar database personal para siswa sekolah perawat bisa sejak dini dipergunakan sebagai pengembangan SDM penempatan TKI Kesehatan ke luar negeri.

Menanggapi harapan peserta, Endang menegaskan Rakor Potensi Peluang TKI Sektor Kesehatan ini akan membentuk Kelompok Kerja (Pokja) guna membahas masalah yang meliputi factor demand dan supply yang lebih rinci untuk pembuatan database, soal sertifikasi kompetensi, skema pendanaan, dan rencana strategis penempatan TKI ke luar negeri.

Senada dengan Arsitawati, Direktur Promosi BNP2TKI mengatakan pihaknya tetap akan mengutamakan ketersediaan perawat untuk kebutuhan di dalam negeri. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kekosongan kebutuhan di dalam negeri.

About these ads

17 responses to “PELUANG KERJA KE AMERIKA, AUSTRALIA, NEW ZEALAND DAN KANADA

  1. apakah semuanya akomodasinya free ? apakah semuanya ditanggung permerintah saya mau saja ke New zealand mencari duit tapi untuk keluar duit dulu saya tdk ada…

    • Terimakasih atas perhatianya kepada kami.
      Untuk sementara kesempatan kerja ke Eropa masih melalui program swasta jadi belum ada program G To G resminya. Untuk biaya besarnya menyesuaikan sesuai PPTKIS/PJTKI penyelenggara

  2. saya minta tolong diberi tahu cara menjadi tki ke new zeland di bidang perkebunan.terina kasih

    • Terimakasih atas perhatianya kepada kami
      Untuk proses bekerja ke new zealand masih melalui program swasta/PPTKIS. Untuk lebih mudahnya saudara bisa menghubungi Kantor Disnaker atau Bp3tki setempat untuk mendapatkan daftar serta prosedur mengenai PPTKIS yang memberangkatkan TKI ke new zealand.

  3. Artikel ini memotivasi saya untuk bekerja ke LN.
    Sy perawat lulusan 2010, apakah bisa bekerja ke australia.
    bagaimana caranya?
    terima kasih.

    • Terimakasih atas perhatianya kepada kami.
      Untukmekanisme kerja keluar negeri (ausie) memang ada syarat2 serta tahapan yang harus di lalui. untuk info lebih lanjut silahkan hubungi BP3TKi setempat.

  4. saya lulusan FKUI program diploma III jurursan fisioterapi sudah berpengalaman kerja sekitar 9 tahun dan ingin mencoba berkarir di di bidang yang sama di luar negri seperti canada , korea , malaysia , dubai , dll.Apakah ada syarat khusus untuk dapat bekerja ke luar negri?mohon recomendasi nya agar saya dapat bekerja di luar negri secara legal dan agar tidak terjadi penipuan.

    • Terimakasih atas perhatianya kepada kami.
      1.Untuk negara seperti canada dan eropa masih melalui sistem swasta/PPTKIS.. silahkan saudara bisa menghubungi BP3TKI setempat untuk mendapatkan rekomendasi prosedurnya.
      2. Untuk negara korea sudah menggunakan program resmi G To G dengan syarat harus lolos tes bahasa korea terlebih dahulu,..silahkan saudara bisa mengikuti diklat yang kami selelnggarakan. Untuk prosedural resmi selanjutnya akan kita bimbing. Untuk Korea G To G yang jelas lebih aman dan murah, karena segala pembiayaan dikelola secara mandiri oleh CTKI.

  5. Mohon infonya negara yang sudah G to G?, Karena bnp2tki sudah lama tidak mengupdate Websitenya. satu lagi pertanyaan saya, kalau bukan lulusan Keperawatan apakah calon peserta bisa kerja di LN menjadi TKI formal?

    Terima kasih

    • terimakasih atas perhatianya kepada kami.
      Negara yang sudah melakukan MOU secara resmi dengan Indonesia menggunakan sistem G To G adalah Korea dan Jepang. Bagi yang bukan lulusan Akademi keperawatan bisa bekerja di sektor formal, untuk negara Korea di bidang : Manufacture, Fishing, Kontruksi, Jasa dan Pertanian. Untuk Negara jepang bisa di bidang : Manufacture dan Care Worker (bidang sosial).

  6. (usia saya 38 th) maksimal usia berapa bisa ikut program g to g korea ? basic saya sarjana pertanian dan punya pengalaman kerja..apakah kalau diterima di korea akan ditempatkan sesuai bidangnya ?

    • Terimakasih atas perhatianya kepada kami.
      Batas usia maksimal untuk mengikuti Program G To G Korea adalah 39th. Penempatan kerja sesuai pilihan yang diambil saat pendaftaran tes dan pilihan saat pengisian formulir untuk pengiriman data ke korea.

  7. benarkah terbuka peluang kerja di australia atau new zealand di bidang – hotel, bar, resto, cafe, casino, pabrik, peternakan atau pertanian dengan batas usia maks 48 th?
    Trimakasih atas tanggapannya . . .

  8. ada peluang kerja ke australia atau newzaeland ngga? dan berapa biayanya. tq

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s