kerja ke korea : biaya tak lebih dari 5 juta

kerja korea

“Biaya yang dikeluarkan oleh TKI yang akan bekerja ke Korea diguanakan untuk pembelian tiket, pelatihan, semuanya sekitar lima juta rupiah,“ kata Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat kepada wartawan usai pelepasan 210 TKI ke Korea, di halaman kantornya, Senin (24/5). Lebih lanjut menurut Ade, dari tes EPS-KLT (Employment Permit System-Korean Language Test) atau ujian kemampuan bahasa Korea, yang dilaksanakan di 6 lokasi di tanah air tahun 2009 dan diikuti oleh 41.756 peserta, sekitar 5.540 TKI dinyatakan lulus. Atau lebih kurang 15 persen. “Tes`ini merupakan kerjasama antara pemerintah Korea Selatan dan Indonesia,” ujar Ade.

iaya Bekerja ke Korea Tidak Lebih dari Rp 5 Juta

Jakarta, BNP2TKI (24/5) — Tidak banyak warga masyarakat yang mengerti, jika pergi bekerja ke luar negeri khususnya Korea Selatan, tidak mahal. Seringkali orang terjebak oleh calo dan mengeluarkan biaya hingga puluhan juta rupiah.

“Biaya yang dikeluarkan oleh TKI yang akan bekerja ke Korea diguanakan untuk pembelian tiket, pelatihan, semuanya sekitar lima juta rupiah,“ kata Jumhur Hidayat kepada wartawan usai pelepasan 210 TKI ke Korea, di halaman kantornya, Senin (24/5).

Deputy Bidang Penempatan BNP2TKI Ade Adam Noch mengakui, setiap TKI yang akan berangkat bekerja ke luar negeri dikenakan biaya. Biaya tersebut digunakan untuk pelatihan, biaya tiket, asuransi dan sebagainya.

“Saya berharap teman-teman pers khususnya dapat menyampaikan ke publik, supaya masyarakat tidak terjebak oleh ulah broker atau calo yang berkeliaran untuk mencari TKI yang akan bekerja keluar negeri, “ katanya .

Menurut Ade, BNP2TKI, informasi pekerjaan di luar negeri dapat di lihat di website kami http://www.bnp2tki.go.id , atau langsung mendapatkannya di kantor BP3TKI yang tersebar seluruh proviinsi di tanah air

Sama seperti Kepala BNP2TKI menurut Ade, seorangcalon TKI yang ingin berangkat bekerja ke Korea Selatan atau ke luar negeri, harus memiliki sertifikat dari Balai Latihan Kerja (BLK), dan mampu berbahasa Korea.

Lebih lanjut menurut Ade, dari tes EPS-KLT (Employment Permit System-Korean Language Test) atau ujian kemampuan bahasa Korea, yang dilaksanakan di 6 lokasi di tanah air tahun 2009 dan diikuti oleh 41.756 peserta, sekitar 5.540 TKI dinyatakan lulus. Atau lebih kurang 15 persen. “Tes`ini merupakan kerjasama antara pemerintah Korea Selatan dan Indonesia,” ujar Ade.

About these ads

2 responses to “kerja ke korea : biaya tak lebih dari 5 juta

  1. saya tinggal di daerah indramayu jika saya ingin mendaftarkan diri untuk bekerja ke korea di mana saya harus mendaftar?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s